Langsung ke konten utama

Citra diri atau image diri itu penting gak sih?

 Hai Sedulurrrrr..... 

Masih ingat sama aku gak nih?

Yang baru join di blog aku kenalin aku Linda Kusuma Ayu, biasa dipanggil Linda, aku mahasiswa prodi Akuntansi semester 7 Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Gimana kabar kalian hari ini ?, semoga sehat selalu ya sedulur. 

Topik pembahasan hari ini tentang bagaimana membangun dan mengembangkan citra diri kita, maupun citra diri perusahaan. Citra atau image adalah sebuah gambaran yang ditangkap oleh public. Seperti apa diri kita atau bersangkutan hasilnya dengan demikian maka penilaian orang lain terhadap diri kita maupun perusahaan kita tentunya bisa positif bisa negatif, walaupun kita mengharapkan agar citra diri kita ini positif tetapi di mata publik bisa jadi sebaliknya oleh karena itulah maka kita berharap tentunya citra diri kita yang positif dapat ditangkap oleh publik dan orang lain. Kita mengharapkan citra diri kita itu ditangkap sama seperti anda harapkan dimata orang lain di mata publik di mata masyarakat. Bagaimanakah agar kita ini memiliki citra diri yang positif ?, tentunya kita harus selalu berada di depan orang lain di publik dengan menampilkan diri kita yang sebaik-baiknya. Hal yang dapat dilakukan supaya citra baik dalam diri dilihat oleh orang lain :

1. Wajah tersenyum, senyum yang ikhlas adalah senyum yang bisa menampilkan diri kita secara tulus, menyampaikan sebuah senyum indikatornya adalah bibir kita tertarik dua centi ke kiri dan dua senti tekanan secara seimbang.

2. Setelah tersenyum ucapkan salam pada orang lain (Assalamu'alaikum, selamat pagi, dan lainnya) 

3. Setelah senyum dan sapa sedulur bisa bertanya kabar atau hal lain yang sedang dikerjakan orang lain. 

4. Sedulur dapat membuat diri kita terlihat menjadi orang yang sopan orang yang memegang teguh pada etika dan etiket, kita bisa menghormati dengan siapa kita berhadapan. 

5. Santun selalu menampilkan diri kita dengan rendah hati. 

Membangun citra diri merupakan hal yang mutlak sebelum sedulur membangun citra organisasi atau citra perusahaan, karena citra perusahaan merupakan kumpulan dari citra diri orang-orang yang berada didalamnya sehingga harus kita mulai dari diri kita sendiri kemudian kalau kita sudah baik, sahabat kita juga sudah baik, rekan kerja kita baik, atasan kita sudah baik maka akan membentuk citra organisasi atau citra perusahaan. Langkah untuk membangun sebuah citra :

1. Langkah yang pertama adalah membangun sebuah citra itu harus konsisten ya harus selalu kita lakukan setiap saat setiap hari tidak hanya pada awal-awal saja. Seringkali kita ini kalau punya satu keinginan hanya dilakukan pada awal-awalnya pada waktu kita masih semangat. 

2. Tahapan yang kedua adalah bagaimana sedulur mengungkapkan diri sedulur. 

3. Mulai mengungkapkan sisi positif diri sedulur, bisa lewat tulisan, media sosial, internet dan lain-lain. Buat konten atau pesan yang positif di lingkungan sekitar maupun di dunia maya. 

4. Memilih media yang sedulur gunakan untuk menyampaikan diri anda di hadapan publik, kepada siapa sedulur akan menyampaikan ini.  

5. Masuk dalam sebuah komunitas, di komunitas itulah sedulur harus selalu proaktif untuk menampilkan siapakah sedulur. Komunitas dapat menjadi sarana sedulur untuk membangun image diri sedulur dan juga memperoleh relasi baru yang akan berguna bagi sedulur maupun perusahaan. 


Mungkin itu dulu informasi yang dapat saya sampaikan, terimakasih telah membaca blog Generasi Milenial Harus Tau dan sampai jumpa di lain waktu...... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUMAS VS PUBLIC RELATIONS

 Hai Sedulurrrrr.....  Masih ingat sama aku gak nih? Yang baru join di blog aku kenalin aku Linda Kusuma Ayu, biasa dipanggil Linda, aku mahasiswa prodi Akuntansi semester 7 Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Gimana kabar kalian hari ini ?, semoga sehat selalu ya sedulur.  Kali ini saya akan menyampaikan public relation dan humas yang ternyata berbeda dalam pelaksanaannya dilapangan. Humas biasanya digunakan pada perusahaan-perusahaan/ instansi milik pemerintah yang sifatnya birokrasi, pemerintah lebih condong menggunakan kata humas (hubungan masyarakat), organisasi nirlaba dan organisasi yang tidak mengejar keuntungan biasanya menggunakan humas. Kalau sedulur berorganisasi di organisasi kemahasiswaan ada istilah humas. Humas di sini biasanya hanya merupakan sub bagian dari bagian yang lebih besar lagi sehingga seorang humas biasanya punya atasan dan atasan humas punya atasan lagi.  Menjadi seorang humas pada level sub bagian tentunya humas tidak bisa mengambil keputusan yang sifatny

Kenalan Dengan Saham

  Hai slurrr….      Ketemu lagi sama gua, gua termasuk generasi milenial nih karena gua lahir tahun 2001. Eits jangan salah sekarang gua sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Slamet Riyadi Surakarta lhooo. Soal jurusan tentu saja aku ambil prodi yang paling aku suka karena sering membahas uang dan cara menggandakan uang de ngan cepat.      Yaps betul aku ambil prodi akuntansi, materi yang paling berkesan untuk saat ini yaitu mata kuliah manajemen keuangan, disana aku dapet pengetahuan yang membuat gua penasaran banget. Akibat gua murtad dari IPA ke jurusan IPS jadi pengetahuan aku tentang akuntansi cukup terbatas, tapi kalau dipikir-pikir seru juga sih. Soo, gua bener-bener enjoy banget sama mata kuliah ini karena mata kuliah ini membahas tentang yang namanya saham, pas awal kuliah gua seperti takjub gitu ketika dosen menjelaskan tentang saham dan gua Cuma bisa bertanya-tanya dalam hati “KOK BISA SIH ?”.      Gimana gua gak melongo sluurr, duit 100 ribu bisa beranak padaha

Marketing atau Penjualan dan Publik Relation atau Kehumasan

 Hai Sedulurrrrr.....  Masih ingat sama aku gak nih? Yang baru join di blog aku kenalin aku Linda Kusuma Ayu, biasa dipanggil Linda, aku mahasiswa prodi Akuntansi semester 7 Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Gimana kabar kalian hari ini ?, semoga sehat selalu ya sedulur.  Hari ini kita akan membahas dua topik tentang marketing atau pemasaran dan yang kedua adalah public relation atau kehumasan. Dua bidang studi ini kemudian digabungkan menjadi marketing public relation. Sebelum kita membahas tentang marketing public relation hari ini ada dua pendapat tentang marketing dan public relation. Public Relation adalah satu bidang studi yang berdiri sendiri, merupakan salah satu aspek dari manajemen yang salah satu sarana untuk membangun sebuah citra reputasi perusahaan dan public relation ini ditempatkan pada level top management. Pendapat lain tentang public relation ia pasti mengatakan bahwa publik relation merupakan bagian daripada pemasaran atau marketing mana yang benar, tetapi publik