Langsung ke konten utama

Peran, Fungsi dan Tugas Public Relation di Era Digital

 Hai Sedulurrrrr..... 

Masih ingat sama aku gak nih?

Yang baru join di blog aku kenalin aku Linda Kusuma Ayu, biasa dipanggil Linda, aku mahasiswa prodi Akuntansi semester 7 Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Gimana kabar kalian hari ini ?, semoga sehat selalu ya sedulur. 

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas terkait dengan bagaimanakah peran fungsi dan tugas seorang public relation di era digital ini. Seorang PR itu menggunakan media untuk membangun citra diri dan citra perusahaannya kalau pada masa lalu penggunaan media yang paling banyak adalah yaitu media cetak seperti koran, majalah, buletin dan sejenisnya. Penggunaan media televisi untuk membangun citra diri maupun citra perusahaan, tetapi telah terjadi pergeseran yang luar biasa dari penggunaan media cetak kemudian media elektronik merambah media internet yang dulu memegang sesuatu untuk bisa tayang di media adalah redaksi ataupun wartawan tetapi hari ini setiap orang bisa menjadi seorang wartawan dan redaktur pada dirinya dengan membuat media sendiri seperti media facebook, instagram maupun menggunakan website. 

Peran fungsi public relation tidak hanya mengandalkan dirinya untuk berhubungan dengan media cetak seperti koran/majalah atau media televisi. Public Relation juga dituntut sebuah keterampilan mampu untuk menciptakan, mampu untuk membangun medianya sendiri yang pertama tentunya media website yang merupakan informasi bagi perusahaannya, kemudian yang kedua yaitu menggunakan media sosial facebook, instagram dan jenisnya. Inilah yang perlu sedulur persiapkan apakah sedulur sudah punya keterampilan pengetahuan yang cukup bagaimana menggunakan media yang berbasiskan internet. Kalau sedulur tidak punya keterampilan ini bisa menjadi permasalahan dari segi hukum karena hari ini kalau kita menyampaikan informasi-informasi yang tidak benar atau hoax.  

Mari bersama-sama kita tidak hanya sebagai pengguna media sosial namun harus dapat merancang, mendesain agar informasi-informasi yang kita sampaikan lewat media sosial/lewat internet itu betul-betul informasi-informasi yang positif yang dapat membangun bekal dengan reputasi kita dan perusahaan kita. Hal yang perlu sedulur hindari, jangan sampai hal-hal yang negatif  muncul di media sosial sedulur. Ingat bahwa jika sedulur sering mengakses internet dan media sosial maka jejak rekam sedulur tercatat dan terlihat. 



Sekian tulisan dari saya..... 

Semoga sedulur dapat memahami tulisan ini, dan menambah wawasan sedulur semua. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUMAS VS PUBLIC RELATIONS

 Hai Sedulurrrrr.....  Masih ingat sama aku gak nih? Yang baru join di blog aku kenalin aku Linda Kusuma Ayu, biasa dipanggil Linda, aku mahasiswa prodi Akuntansi semester 7 Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Gimana kabar kalian hari ini ?, semoga sehat selalu ya sedulur.  Kali ini saya akan menyampaikan public relation dan humas yang ternyata berbeda dalam pelaksanaannya dilapangan. Humas biasanya digunakan pada perusahaan-perusahaan/ instansi milik pemerintah yang sifatnya birokrasi, pemerintah lebih condong menggunakan kata humas (hubungan masyarakat), organisasi nirlaba dan organisasi yang tidak mengejar keuntungan biasanya menggunakan humas. Kalau sedulur berorganisasi di organisasi kemahasiswaan ada istilah humas. Humas di sini biasanya hanya merupakan sub bagian dari bagian yang lebih besar lagi sehingga seorang humas biasanya punya atasan dan atasan humas punya atasan lagi.  Menjadi seorang humas pada level sub bagian tentunya humas tidak bisa mengambil keputusan yang sifatny

Kenalan Dengan Saham

  Hai slurrr….      Ketemu lagi sama gua, gua termasuk generasi milenial nih karena gua lahir tahun 2001. Eits jangan salah sekarang gua sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Slamet Riyadi Surakarta lhooo. Soal jurusan tentu saja aku ambil prodi yang paling aku suka karena sering membahas uang dan cara menggandakan uang de ngan cepat.      Yaps betul aku ambil prodi akuntansi, materi yang paling berkesan untuk saat ini yaitu mata kuliah manajemen keuangan, disana aku dapet pengetahuan yang membuat gua penasaran banget. Akibat gua murtad dari IPA ke jurusan IPS jadi pengetahuan aku tentang akuntansi cukup terbatas, tapi kalau dipikir-pikir seru juga sih. Soo, gua bener-bener enjoy banget sama mata kuliah ini karena mata kuliah ini membahas tentang yang namanya saham, pas awal kuliah gua seperti takjub gitu ketika dosen menjelaskan tentang saham dan gua Cuma bisa bertanya-tanya dalam hati “KOK BISA SIH ?”.      Gimana gua gak melongo sluurr, duit 100 ribu bisa beranak padaha

Marketing atau Penjualan dan Publik Relation atau Kehumasan

 Hai Sedulurrrrr.....  Masih ingat sama aku gak nih? Yang baru join di blog aku kenalin aku Linda Kusuma Ayu, biasa dipanggil Linda, aku mahasiswa prodi Akuntansi semester 7 Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Gimana kabar kalian hari ini ?, semoga sehat selalu ya sedulur.  Hari ini kita akan membahas dua topik tentang marketing atau pemasaran dan yang kedua adalah public relation atau kehumasan. Dua bidang studi ini kemudian digabungkan menjadi marketing public relation. Sebelum kita membahas tentang marketing public relation hari ini ada dua pendapat tentang marketing dan public relation. Public Relation adalah satu bidang studi yang berdiri sendiri, merupakan salah satu aspek dari manajemen yang salah satu sarana untuk membangun sebuah citra reputasi perusahaan dan public relation ini ditempatkan pada level top management. Pendapat lain tentang public relation ia pasti mengatakan bahwa publik relation merupakan bagian daripada pemasaran atau marketing mana yang benar, tetapi publik