Langsung ke konten utama

Perfoemance Publik Relation

 Hai Sedulurrrrr..... 

Masih ingat sama aku gak nih?

Yang baru join di blog aku kenalin aku Linda Kusuma Ayu, biasa dipanggil Linda, aku mahasiswa prodi Akuntansi semester 7 Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Gimana kabar kalian hari ini ?, semoga sehat selalu ya sedulur. 

Topik pembahasan kali ini adalah performance public relation yaitu bagaimanakah sosok dari profesi public relation. Masyarakat memiliki pemahaman bahwa publik relation itu sosok wanita yang cantik, sosok wanita yang pandai bergaul, apakah benar bahwa itu harus diperankan oleh seorang sosok yang cantik yang menawan namun publik relation bukan hanya tentang fisik seseorang namun seseorang yang dapat berhubungan/ berkomunikasi dengan masyarakat dapat menampilkan sosok yang friendly yang pandai berkomunikasi dan dia harus juga cantik maupun tampan lahir dan batinnya tidak ada wajahnya saja namun sudah punya kepribadian dari dalam yang bisa menampilkan sosok yang profesional. 

Kalau sedulur ingin menjadi seorang public relation hal-hal yang harus dipersiapkan agar nanti sedulur bisa menjadi sosok publik relation yang kompeten yang profesional : 

1. Pertama tentunya seorang publik relation harus punya pengetahuan keterampilan di bidang komunikasi yaitu dia harus punya pengetahuan keterampilan komunikasi yang efektif. Komunikasi yang efektif adalah bagaimana sedulur dapat menyampaikan sebuah pesan/ informasi kemudian dapat diterima oleh para komunikan/ pendengar/ masyarakat dengan kondisi pesannya sama dengan apa yang kita sampaikan. Dibutuhkan keterampilan berkomunikasi tidak hanya sekedar menyampaikan informasi/ data kepada masyarakat, bagi seorang publik relation komunikasi tidak sekedar menjadi bakat seseorang tetapi belajar komunikasi yang paling utama adalah tentang bagaimana dia punya kemampuan mendengarkan orang lain karena dengan kemampuan mendengar orang lain dia mampu menyerap mampu menangkap hal apa yang akan disampaikan oleh orang lain kemudian bisa menyampaikan dengan tepat. Bukankah sebagian daripada fungsi seorang publik relation adalah menyampaikan informasi-informasi dari perusahaan mewakili pihak manajemen/ direksi/ pihak pemilik dan sebagainya sehingga seorang publik relation harus mampu mengemas dengan baik hal-hal yang ingin sampaikan, kemudian bisa disampaikan dengan bahasa yang sederhana yang lugas yang dapat dipahami oleh masyarakat.  

2. Kedua, bagi seorang public relation harus punya kemampuan untuk bergaul dengan orang lain. Jadi kalau sedulur hari ini pribadinya masih introvert coba lebih sering bergaul supaya lebih ekstrovert yang mampu bergaul dengan orang banyak, friendly, bersahabat yang ramah. Komunikasi itu bukan bakat tetap bisa dipelajari, dengan kemauan keras dan kerja keras untuk belajar komunikasi, seseorang bisa berubah. Pembicara terkenal tokoh-tokoh publik hal yang sama dialami juga oleh mereka, pada awalnya tidak bisa berkomunikasi dengan baik dan efektif, namun karena kemauan yang keras mau belajar maka dia bisa berkomunikasi. Bergaulah dengan banyak orang jangan pilih-pilih karena sebagai seorang publik relation akan berhubungan dengan mereka-mereka yang pada level yang terbawah sampai pada level yang tertinggi, karena anda akan menjadi jembatan informasi baik kepada internal maupun eksternal maka diperlukan kemampuan bergaul yang baik jangan.  

3. Ketiga, karena sedulur berada pada level top management idealnya seorang publik relation adalah berada di level top management langsung di bawah direksi tentunya anda memahami tentang manajemen, bagaimanakah manajemen itu bekerja sedulur harus bisa melakukan fungsi-fungsi manajemen. 

4. Seorang PR juga harus dituntut bisa menulis da mengedit sebuah informasi yang dituangkan dalam bentuk tulisan karena bagian dari tugas seorang publik relation nantinya adalah melakukan penyampaian informasi kepada masyarakat baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis. 

5. Kelima, hal yang harus dimiliki oleh seorang public relation harus selalu kreatif karena kreativitas ini akan sangat mempengaruhi di dalam aktivitas kegiatan yang dilakukan seorang publik relation tentunya harus mampu untuk menyelenggarakan sebuah event-event yang menarik bagi masyarakat, maka dibutuhkan seorang yang kreatif. 

Bagaimana performance seorang publik relation menjadi publik relation yang kompeten yang handal yaitu mereka harus minimal menguasai lima hal yang ada diatas. 


Mungkin itu dulu informasi yang dapat saya sampaikan, terimakasih telah membaca blog Generasi Milenial Harus Tau dan sampai jumpa di lain waktu...... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUMAS VS PUBLIC RELATIONS

 Hai Sedulurrrrr.....  Masih ingat sama aku gak nih? Yang baru join di blog aku kenalin aku Linda Kusuma Ayu, biasa dipanggil Linda, aku mahasiswa prodi Akuntansi semester 7 Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Gimana kabar kalian hari ini ?, semoga sehat selalu ya sedulur.  Kali ini saya akan menyampaikan public relation dan humas yang ternyata berbeda dalam pelaksanaannya dilapangan. Humas biasanya digunakan pada perusahaan-perusahaan/ instansi milik pemerintah yang sifatnya birokrasi, pemerintah lebih condong menggunakan kata humas (hubungan masyarakat), organisasi nirlaba dan organisasi yang tidak mengejar keuntungan biasanya menggunakan humas. Kalau sedulur berorganisasi di organisasi kemahasiswaan ada istilah humas. Humas di sini biasanya hanya merupakan sub bagian dari bagian yang lebih besar lagi sehingga seorang humas biasanya punya atasan dan atasan humas punya atasan lagi.  Menjadi seorang humas pada level sub bagian tentunya humas tidak bisa mengambil keputusan yang sifatny

Kenalan Dengan Saham

  Hai slurrr….      Ketemu lagi sama gua, gua termasuk generasi milenial nih karena gua lahir tahun 2001. Eits jangan salah sekarang gua sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Slamet Riyadi Surakarta lhooo. Soal jurusan tentu saja aku ambil prodi yang paling aku suka karena sering membahas uang dan cara menggandakan uang de ngan cepat.      Yaps betul aku ambil prodi akuntansi, materi yang paling berkesan untuk saat ini yaitu mata kuliah manajemen keuangan, disana aku dapet pengetahuan yang membuat gua penasaran banget. Akibat gua murtad dari IPA ke jurusan IPS jadi pengetahuan aku tentang akuntansi cukup terbatas, tapi kalau dipikir-pikir seru juga sih. Soo, gua bener-bener enjoy banget sama mata kuliah ini karena mata kuliah ini membahas tentang yang namanya saham, pas awal kuliah gua seperti takjub gitu ketika dosen menjelaskan tentang saham dan gua Cuma bisa bertanya-tanya dalam hati “KOK BISA SIH ?”.      Gimana gua gak melongo sluurr, duit 100 ribu bisa beranak padaha

Marketing atau Penjualan dan Publik Relation atau Kehumasan

 Hai Sedulurrrrr.....  Masih ingat sama aku gak nih? Yang baru join di blog aku kenalin aku Linda Kusuma Ayu, biasa dipanggil Linda, aku mahasiswa prodi Akuntansi semester 7 Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Gimana kabar kalian hari ini ?, semoga sehat selalu ya sedulur.  Hari ini kita akan membahas dua topik tentang marketing atau pemasaran dan yang kedua adalah public relation atau kehumasan. Dua bidang studi ini kemudian digabungkan menjadi marketing public relation. Sebelum kita membahas tentang marketing public relation hari ini ada dua pendapat tentang marketing dan public relation. Public Relation adalah satu bidang studi yang berdiri sendiri, merupakan salah satu aspek dari manajemen yang salah satu sarana untuk membangun sebuah citra reputasi perusahaan dan public relation ini ditempatkan pada level top management. Pendapat lain tentang public relation ia pasti mengatakan bahwa publik relation merupakan bagian daripada pemasaran atau marketing mana yang benar, tetapi publik